Written by Nasikin Sani
TERBITAN JURNAL Category: VOL. 09 Nomor 2, AGUSTUS 2013
Published on 18 December 2013 Hits: 1850
Print

Nyoria Anggraeni Mersa

Muhammad Kadafi

(Staf Pengajar Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda)

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : pertama, mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh antara konflik peran ganda dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai wanita Politeknik Negeri Samarinda. Kedua, mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh antara konflik peran ganda dan gaya kepemimpinan terhadap stress kerja pegawai wanita Politeknik Negeri Samarinda. Ketiga mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh antara stress kerja terhadap kinerja pegawai wanita Politeknik Negeri Samarinda.

Metode analisis yang digunakan dipenelitian ini menggunakan metode analisis berganda untuk menguji pengaruh antara konflik peran ganda dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai wanita dengan stress kerja sebagai variabel intervening. Uji realibilitas dan validitas juga dilakukan terhadap butir-butir pertanyaan kusioner sebelum dilakukan uji regresi linier berganda.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : pertama, tidak terdapat pengaruh yang linier dan signifikan antara Konflik Peran Ganda (X1) dan Gaya Kepemimpinan (X2) terhadap Kinerja (Y) dengan angka signifikansi sebesar 0,403 > 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang linier dan signifikan antara Konflik Peran Ganda (X1) dan Gaya Kepemimpinan (X2) terhadap Stress Kerja (Z) dengan  angka signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Ketiga tidak terdapat pengaruh yang linier dan signifikan antara Stress Kerja (Z) terhadap Kinerja (Y) dengan angka signifikansi sebesar 0,319 > 0,05.

Kata Kunci : konflik peran ganda, gaya kepemimpinan, stress kerja, kinerja.

| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.