Reza Fachrizal
Mahasiswa, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Samarinda
Fachrizal.reza@gmail.com
Ibayasid
Staff Pengajar, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Samarinda
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
M. Salmani
Staff Pengajar, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Samarinda
salmaniical@gmail.com
INTISARI
|
Perkembangan kota yang cukup pesat setiap tahunnya, menyebabkan angka pertumbuhan volume kendaraan yang melintas juga ikut meningkat. Hal ini tentu berdampak pada infrastruktur berupa jalan. Berdasarkan kondisi ini, sistem jaringan dan fungsi jalan primer di Kota Balikpapan yang telah ditetapkan berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Balikpapan Tahun 2012 - 2032 perlu ditinjau ulang, apakah kondisinya masih sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan serta Peraturan Menteri PU Nomor 03/PRT/M/2012 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penetapan Fungsi dan Status Jalan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 2 ruas jalan direkomendasikan untuk ditambahkan sebagai jalan arteri dan kolektor primer. 3 ruas jalan berubah fungsinya dari arteri sekunder menjadi arteri primer. Hanya 11 % atau sebanyak 3 segmen jalan dari 28 segmen jalan arteri yang memenuhi persyaratan jalan masuk dibatasi dan untuk jalan kolektor tidak yang memenuhi persyaratan ini.
Kata kunci: Jaringan jalan, jalan primer, rencana tata ruang wilayah
ABSTRACT
Development of the city quite rapidly every year, causing in volume growth rate of passing vehicles also increased. This is certainly an impact on the infrastructure of roads. Based on this condition, the network system and the function of the primary roads in the city of Balikpapan which has been set by the Urban Land Use Plan (RTRW) Balikpapan Year 2012 - 2032 should be reviewed, whether the condition is still in accordance with the Law of the Republic of Indonesia Number 38 Year 2004 and Government Regulation Republic of Indonesia Number 34 Year 2006 on Roads and Public Works Minister Regulation No. 03 / PRT / M / 2012 Year 2012 on Guidelines for Determination Function and Status of the road.
The results showed that the 2 roads is recommended to be added as a primary arterial roads and collector. 3 road changed it’s function of secondary arterial become a primary artery. Only 11% or as much as 3 segments of 28 segments of the arterial road that meets the requirements of the driveway is restricted and for collector roads that do not meet these requirements.
Keyword: Road network, road primer, regional spatial plan