Written by Just TI
TERBITAN JURNAL Category: VOL. 1 Nomor 2, JULI 2009
Published on 09 March 2012 Hits: 2831
Print

Karyo Budi Utomo
Staf Pengajar Jurusan Teknologi Informasi
Politeknik Negeri Samarinda
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Abstrak

Sistem Informasi Akademik merupakan sistem informasi yang peranannya sangat penting dalam mensukseskan peran perguruan tinggi. Peran tersebut tidak hanya mencakup proses belajar mengajar saja, tetapi mencakup semua proses dari mulai seleksi calon mahasiswa, Proses Perkuliahan, Penanganan keuangan sampai pada pelacakan para lulusan. Keluaran dari Sistem Informasi Akademik diharapkan dapat memberikan informasi yang relevan dan up to date bagi stokeholder (Calom Mahasiswa, Dosen,     Mahasiswa, Manajemen serta Orang tua/Wali).
Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) sudah  banyak digunakan pada sektor industri atau perusahaan dalam meningkatkan efesiensi, kualitas, produktifitas dan keuntungan suatu perusahaan serta menentukan strategi dalam bisnis. Dan menilik Tingkat kompleksitas yang tinggi dari Sistem Informasi Akademik menjadi titik kritis dari keberlangsungan/kesuksesan integrasi antar sub sistem yang ada dalam Sistem Informasi Akademik, maka diperlukan mekanisme kerja dengan menggunakan terminologi ERP.
Mekanisasi  proses  kerja  dengan  menggunakan  ERP, mengharuskan  para  karyawan  untuk  mengirimkan  informasi  pada  satu  sumber.  Dengan  memusatkan  tempat penyimpanan data pada  satu  tempat, maka  tercipta  kemudahan untuk mendapatkan berbagai data,  karena  setiap bagian    mengirimkan  datanya  pada  tempat  ini.  Efisiensi  biaya,  waktu  dan  tenaga  dalam  penerapan  Teknologi Informasi melalui pelaksanaan sistem manajemen ERP.

 

Selengkapnya

| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.