Written by Just TI
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 2 Nomor 1, JANUARI 2010
Published on 20 March 2012 Hits: 1657
Print

Fahrul Agus1, Anton Rahmadi2

1Dosen Program Studi Ilmu Komputer dan Ketua ICT Universitas Mulawarman
2Sysadmin Jaringan Universitas Mulawarman
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.    

Abstrak


Dalam era teknologi informasi saat ini keberadaan bandwith (lebar pita koneksi) merupakan hal terpenting dan menjadi isu yang hangat pada sebuah organisasi.  Pentingnya keberadaan bandwith tersebut dapat dilihat dari besarnya anggaran yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan ini.
Betapapun besarnya bandwith yang telah dimiliki sebuah organisasi tidak akan optimal jika tidak di kelola secara baik.  sebagian besar bandwith akan terpakai secara percuma jika paket data yang lewat berupa sampah data yang tidak berguna.
Tulisan ini mencoba merumuskan sebuah pendekatan untuk menganalisis karakteristik bandwith yang kita miliki.  Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan optimalisasi penggunaan bandwith secara optimal.  Model optimasi yang ditawarkan dilakukan berdasarakan jumlah pengguna yang ada serta jumlah permintaan.  Sedangkan teknik optimasi diukur dengan indeks karakteristik situs dan indeks optiasi.

Kata kunci: Model, Optimasi, Karakteristik, Utilisasi, Bandwith

Selengkapnya

 
Written by Just TI
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 2 Nomor 1, JANUARI 2010
Published on 20 March 2012 Hits: 2143
Print

Abdul Najib
Dosen Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak

Kegiatan yang paling menonjol pada sebuah Perguruan Tinggi adalah pengolahan informasi yang tersedia yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di dalam pendidikan tersebut,, Mulai dari pengolahan administrasi mahasiswa sampai dengan administrasi akademisnya.
Peningkatan jumlah mahasiswa dalam sebuah Perguruan Tinggi menuntut adanya suatu kerja sistem yang baik. Oleh karena itu, diperlukan suatu rancangan pembuatan sistem informasi kartu rencana studi online yang diharapkan dapat mendukung serta memperlancar kegiatan akademis dan semua kegiatan pengolahan data mahasiswa agar dapat berjalan dengan efisien dan efektif.


Kata kunci: data, database, sistem

Selengkapnya

 
Written by Just TI
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 2 Nomor 1, JANUARI 2010
Published on 20 March 2012 Hits: 1183
Print

Bedi Suprapty
Dosen Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak


IndonesiaDLN – The Indonesian Digital Library Network –  merupakan integrator antara sebuah digital library network dengan network-network lainnya (network of networks) yang kemudian dikenal sebagai ‘The Mother Of  The Digital Library Networks’. Setiap network memiliki sekumpulan informasi dan data yang berbeda sesuai dengan alasan kenapa sebuah network dibangun. Diperlukan sebuah rancangan kerangka-kerja (framework) interoperabilitas yang digunakan untuk pengintegrasian antar network tersebut. Paper ini mengkaji Open Archives Initiative Protocol for Metadata Harvesting (selanjutnya disebut sebagai protokol OAI) sebagai kerangka-kerja interoperabilitas standar yang digunakan antar sub-network dari sebuah network dan antara network dengan network lainnya yang berada di bawah IndonesiaDLN. IndonesiaDLN juga tidak menutup kemungkinan untuk menggabungkan diri dengan network yang berada di luar IndonesiaDLN (dalam dan luar negeri) selama mereka memiliki informasi data yang sejenis dan berkomunikasi dengan protokol yang sama, yaitu protokol OAI. engkajian melingkupi protocol OAI dan format metadata Dublin Core sebagai unsur-unsur penting dalam mewujudkan interoperabilitas pengintegrasian network-network tersebut.

kata kunci: IndonesiaDLN, network, network of networks, digital library (DL), interoperabilitas, protokol OAI, metadata harvesting, metadata, Dublin Core.

 
Written by Just TI
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 2 Nomor 1, JANUARI 2010
Published on 20 March 2012 Hits: 1585
Print

Khairuddin Karim
Staf Pengajar Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Samarinda
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak


Penelitian ini membahas mengenai pengaturan injeksi daya reaktif menggunakan Fuzzy Logic Controller (FLC). FLC digunakan untuk menentukan besarnya Qvar yang harus dipasang pada bus sehingga terjaga kestabilan tegangan pada sistem. Fuzzy Logic Controller dikenal sangat baik diaplikasikan pada sistem kontrol termasuk mengontrol tegangan pada bus. Pada saat terjadi gangguan terutama pada saat satu atau beberapa pembangkit gagal menyuplai beban maka akan terjadi kondisi under-voltage. Kondisi ini perlu perbaikan tegangan untuk mencegah terjadinya black out pada sistem. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah Sistem Kelistrikan Sektor Mahakam Kalimantan Timur yang terdiri dari 14 bus. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, dilakukan simulasi dengan bahasa komputasi MATLAB. Dari simulasi dengan empat jenis kondisi diperoleh besarnya Qvar yang harus dipasang pada bus. Hasil simulasi diperoleh sebagai berikut: pada bus 14 yang bebannya dinaikkan sampai 25 MW dan 25 MVAR maka tegangannya menjadi 0,9249Ð-5,9628 pu, kemudian Fuzzy Logic Controller menentukan besar Qvar yang harus di injeksikan yaitu 13.7864 Mvar dan tegangan naik menjadi 0.9665 pu. Untuk kenaikan beban pada Bus 1, tidak terjadi penurunan tegangan di bawah 0,95 pu hal ini disebabkan Bus 1 dijadikan sebagai Slack Bus. Dengan demikian kenaikan beban pada Bus 1 tidak menyebabkan Fuzzy Logic Controller bekerja.

Kata Kunci: Injeksi Daya Reaktif, Fuzzy Logic Controller

Selengkapnya

 
Written by Just TI
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 2 Nomor 1, JANUARI 2010
Published on 20 March 2012 Hits: 1264
Print

Rheo Malani 
Dosen Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda
Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak


Pencarian data mobil untuk orang yang ingin membeli mobil di saat ini terbilang mudah jika menggunakan fasilitas internet. Akan tetapi salah satu Teknologi zaman sekarang yaitu Handphone mempunyai satu fasilitas yang serupa yang disebut GPRS. Hanya saja aplikasi pada handphone dibatasi sedemikian untuk beberapa Teknologi Handphone itu sendiri sehingga tujuan dari pembuatan aplikasi AppM agar dapat memudahkan orang-orang untuk mencari data mobil di dalam aplikasi handphone dengan dukungan teknologi dari enterprise application dengan J2EE (Java 2 Enterprise Edition). Dengan J2EE Penerapkan dan solusi pada dalam menjelaskan aplikasi ini berdasar teori dasar dari Java™ programming Language

Kata kunci: Enterprise Application, J2EE, Java, car, GPRS, internet, handphone

Selengkapnya

 

Page 1 of 2

<< Start < Prev 1 2 Next > End >>
| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.