Written by Nasikin Sani
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 5 Nomor 2, JULI 2013
Published on 02 October 2014 Hits: 1121
Print

Karyo Budi Utomo, S.Kom., M.Eng.

Jurusan Teknologi Informasi

Politeknik Negeri Samarinda

Jl. Cipto Mangunkusumo, Samarinda 75131, Kalimantan Timur

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak

Dinas tenaga kerja kota Samarinda, sebagai instansi pemerintah yang mempunyai peran dan tugas untuk masalah ketenagakerjaan saat ini mulai berbenah, sebagai penyambung atau jembatan antara perusahaan dengan pencari kerja tentunya memiliki peran yang signifikan dalam pengurangan tingkat pengangguran di kota samarinda. Informasi lowongan kerja yang terdaftar di Dinas tenaga kerja Samarinda selama ini disajikan dengan cara menempelkan di papan pengumuman kantor, dengan cara seperti itu tentunya informasi yang disajikan tidak sampai pada pengguna.

Pada perancangan system ini menggunakan model pengembangan sistem Waterfall, yang ditopang dengan alat pengembangan sistem Data Flow Diagram (DFD), Flowchart System, serta Entity Relationship Diagram (E-R Diagram). Untuk software pengembanganya menggunakan bahasa scripting PHP yang didukung oleh software HTML, CSS, JavaSript serta untuk layanan SMS Gateway menggunakan platform GAMMU.

Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Lowongan Pekerjaan berbasis web dengan di tunjang layanan SMS Gateway sebagai salah satu sarana dalam pendistribusian informasi. Pencari kerja dan penyedia lapangan kerja secara tidak langsung dapat terintegrasi melalui profil dan informasi yang disampaikan oleh kedua belah fihak.

Keyword : Sistem Informasi, Lowongan Kerja, Dinas Tenaga Kerja, Web, SMS

 
| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.