Written by Nasikin Sani
ROOT» Category: Maritim
Published on 15 June 2016 Hits: 616
Print

Ahmad Yani

Staf Pengajar Teknik Mesin Fak. Teknik Unijaya Bontang

E- mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak

Engine Diesel merupakan komponen paling penting dalam industri pertambangan batu bara. Engine Cummins merupakan salah satu jenis engine diesel yang banyak digunakan dalam perindustrian khususnya pada alat-alat berat. Penulis mengarahkan penelitian pada analisa hubungan antara putaran engine terhadap torsi dan daya pada engine Cummins QSK 60.

Penulis melakukan proses pengumpulan data observasi baik literatur dengan berbagai sumber, melakukan wawancara hingga mengikuti proses uji inspeksi, rebuild engine dan melakukan uji proses dynotest di PT. Altrak 1978 Balikpapan.

Pada penelitian ini akan diberikan beberapa pengujian berdasarkan putaran engine, torsi dan daya, yang nantinya akan menghasilkan parameter hasil uji dynotest yang dilakukan, kemudian akan di lakukan perbandingan antara hasil uji dynotest dengan hasil perhitungan.

Peneliti juga akan melakukan perhitungan mengenai efisiensi efektif bahan bakar yang di bakar sehingga dapat mengetahui nilai fuel consumption dari engine Cummins QSK 60 sebagai objek penelitian.

 

Kata Kunci : Putaran engine (rpm), Torsi (Lb.Ft), Daya (Hp) dan Dynotest.

 
Written by Nasikin Sani
ROOT» Category: Maritim
Published on 15 June 2016 Hits: 698
Print

Minarni Adham

Staf Pengajar Jurusan Kemaritiman Politeknik Negeri Samarinda

e-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Abstrak

Sistem Informasi Manajemen Tata Usaha (SIMTU) merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu pencarian informasi  data surat atau surat keputusan direktur dengan cepat. Penelusuran data surat masuk atau surat keluar maupun surat keputusan direktur dapat dikerjakan dalam waktu singkat tanpa harus membongkar berkas hardcopy aslinya. Sistem informasi manajemen tata usaha ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic versi 6.0 didukung dengan Crystal Report versi 8.5 dan menggunakan DataBase yang dibuat dengan Microsoft Access 2007.

Dalam penelitian ini dimana pencarian informasi data surat atau surat keputusan direktur dengan aplikasi ini cukup memasukan nomor surat atau asal surat atau tanggal surat maka data tentang surat atau surat keputusan direktur yang dicari akan ditampilkan, dan informasi yang ditampilkan dapat dicetak.

 

Kata kunci : SIMTU, Visual Basic, Access, pencarian, surat masuk, surat keluat,

surat keputusan direktur.

 
Written by Nasikin Sani
ROOT» Category: Maritim
Published on 15 June 2016 Hits: 750
Print

Joko Triyatno

Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin STTI Bontang

Email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar produksi biogas dari limbah sapi dengan memanfaatkan digester bantuan pemerintah dan manfaatnya bagi peternak di desa Guntung Kecamatan Bontang Utara. Metode penelitian yang dipakai  adalah metode survey dengan unit analisa peternak sapi pengguna digester. Responden penelitian ini dipilih secara purposive sampling ( Nasir M, 1983). Analisa yang digunakan adalah analisa diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 20 UT yang ada dapat menghasilkan limbah sebanyak 87.600 kg/thn. Yang sudah dikelola menjadi biogas sebanyak 13.140 kg/thn serta  menghasilkan biogas rata-rata 394,2 m3/thn. Sedangkan pemanfaatan biogas untuk memasak, peternak dapat menghemat bahan bakar elpiji sebanyak 181,3 kg/thn. Sehingga biogas yang dihasilkan dapat menggantikan gas elpiji dan dapat meringankan biaya setara dengan menggunakan elpiji sebesar Rp 1.329.500.

 

Kata kunci: biogas, kotoran sapi, manfaat, digester

 
Written by Nasikin Sani
ROOT» Category: Maritim
Published on 15 June 2016 Hits: 705
Print

Shanty1), Rusman2)

1)2)Staf Pengajar Jurusan Kemaritiman

E-mail:  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak

Pra rancangan merupakan hal penting pada perencanaan sebuah kapal, dengan dilakukan pra rancangan maka dapat diketahui ukuran dan kapasitas angkut kapal yang akan dibangun. Dengan diperolehnya ukuran kapal selain dapat mengetahui kekuatan kapal dapat juga diketahui kestabilan sebuah kapal. Ukuran utama kapal yang terdiri dari Panjang Kapal (LBP), lebar kapal (B), sarat kapal (T), tinggi kapal. Pada pra rancangan ini juga dapat diketahui bentuk kapal dengan melihat nilai dari coefisien bentuk kapal yang terdiri dari coeficient block, coeficien midship, coefficient water line dan coefficient prismatik.Diperoleh juga daya mesin kapal, efisiensi propulsi, bobot mati kapal (DWT), bobot bersih kapal (LWT) dan jumlah crew yang digunakan sesuai dengan ukuran dan kapal.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) cara, yaitu : Pengumpulan data secara langsung (Primer) Pengumpulan data seperti ini dilakukan peneliti dengan cara mengambil data – data secara langsung dari Perusahaan Pelayaran beruapa data kapal yang akan dijadikan pembanding seperti tipe kapal, DWT, kecepatan kapal, rute kapal. Pengumpulan Data secara tidak langsung Pengumpulan data seperti ini dilakukan dengan mengambil referensi/bahan pustaka dari buku

Dalam pra rancangan kapal DWT 5892 ton, diperoleh hasil : LWL 89,74 m, LBP 81.58 m,T 5.77 m, B 13 m, CB, 0.75, DWT 5892 Ton. Kecepatan 12 knot Displacement berat 6305.06 Ton Displacement Rancangan:  6321.33 ton dan Koreksi Displacement = 0.0025 (memenuhi).

 

Kata Kunci:  Kapal, Rute, Ukuran Kapal, Rancangan Kapal.

 
Written by Nasikin Sani
ROOT» Category: Maritim
Published on 15 June 2016 Hits: 794
Print

Erry Yadie

Staf Pengajar Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Samarinda

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Abstrak

Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) telah banyak digunakan oleh masyarakat luas untuk keperluan sehari-hari. Tentunya faktor keamanan menjadi hal utama dalam penggunaan dan pemakaian tabung gas LPG. Salah satu faktor penyebab kebakaran adalah meledaknya tabung gas LPG yang disebabkan terjadinya kebocoran di area tabung ataupun di area sekitar penggunaan gas LPG. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah alat yang dapat mendeteksi kebocoran gas LPG secara otomatis. Alat pendeteksi kobocoran Gas LPG ini dirancang dan diaplikasikan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang dikarenakan adanya kebocoran gas LPG. LPG  adalah bahan bakar yang terdiri dari butana, propana, isobutana, dan zat pembau. Bahan bakar ini mempunyai efek negatif, yaitu apabila menguap di udara akan membentuk lapisan yang bersifat mudah terbakar. Hal ini sangat berbahaya apabila terjadi penumpukan gas LPG yang bocor. Alat pendeteksi kebocoran gas LPG ini dibuat dengan menggunakan sensor gas MQ-6 yang dihubungkan ke board Arduino Uno. Keluarannya berupa tegangan analog yang mengindikasikan keberadaan gas LPG di udara. Apabila sensor MQ-6 mendeteksi adanya kebocoran gas LPG di udara, maka board Arduino Uno akan mengirimkan sinyal perintah ke relai untuk mengoprasikan buzzer dan blower agar pengepulan gas terbuang keluar ruangan.

 

Page 1 of 2

<< Start < Prev 1 2 Next > End >>
| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.