Written by Nasikin Sani
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 11 Nomor 1, JUNI 2011
Published on 07 March 2012 Hits: 1548
Print

Garini Widosari

Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Polnes

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak

Prediksi  adalah  salah  satu  unsur  yang  sangat  penting  dalam  pengambilan keputusan. Peranan untuk memprediksi sesuatu menjelajah ke berbagai bidang, misal fisika, lingkungan, ekonomi, teknik dan kesehatan.  Dalam bidang Teknik Sipil,  curah hujan  mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  dalam  suatu  perencanaan pembangunan.  Untuk itu diperlukan metode untuk memprediksi curah hujan dengan kesalahan yang kecil.   Dalam penelitian ini digunakan metode runtun waktu untuk membuat model curah hujan di Samarinda. Model yang diperoleh menunjukkan bahwa curah hujan di Samarinda mempunyai komponen musiman dengan periode 12 bulan yaitu SARIMA((1,1),(0,0),(1,0))12  dengan model X t   = 0.78 X t -1  + 0.21X t -12  - 0.58at -1 . Berdasarkan model tersebut prediksi curah hujan di Samarinda untuk bulan Juli 2010 sampai dengan Desember 2010 mempunyai kesalahan prediksi yaitu MSE 1951 dan MAPE 19%

Kata kunci :  curah hujan, runtun waktu, SARIMA

 
Written by Nasikin Sani
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 11 Nomor 1, JUNI 2011
Published on 07 March 2012 Hits: 2389
Print

Marlinda

Staf Pengajar Jurusan Teknik Kimia Polnes

Abstrak

Biodiesel  merupakan  salah  satu  energi  alternatif  yang  berpotensi  untuk mensubstitusi bahan bakar solar. Crude Palm Oil (CPO) berpotensi sebagai bahan baku pembuatan biodiesel. Proses transesterifikasi CPO membutuhkan proses reaksi dengan pengadukan dan suhu tertentu sehingga untuk menghasilkan konversi yang tinggi masih membutuhkan waktu yang lama. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan biodiesel dari crude palm oil (CPO) dengan bantuan reaktor alir sirkulasi untuk pengganti solar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat biodiesel dari CPO dengan produksi yang lebih besar (konversi yang tinggi) dalam waktu yang tidak lama, mencari kondisi optimum  dari  factor-faktor  yang  dapat  mempercepat  reaksi  seperti  perbandingan reaktan dan berat katalis. Reaksi transesterifikasi dijalankan dengan mereaksikan minyak sawit dan metanol dengan perbandingan pereaksi 1:2, 1:3, 1:4, dan 1:5 mgek/ gram dan konsentrasi katalis KOH 0,25%, 0,5%, 0,75%, 1%, dan 1,5% dilakukan di dalam reaktor batch sirkulasi selama 90 menit.  Biodiesel yang dihasilkan kemudian dipisahkan dari gliserol kemudian dicuci untuk membuat biodiesel netral atau bersih dari  sisa-sisa  katalis  KOH  setelah  itu  dipanaskan  dengan  suhu  1000C  untuk menghilangkan sisa air yang ada di dalam biodiesel. Hasil penelitian ini menghasilkan kondisi optimum pada perbandingan pereaksi yang menghasilkan konversi yang tinggi sekitar 92% selama waktu reaksi 90 menit adalah 1:4, dan konsentrasi katalis 1%. Pengujian sifat-sifat fisis biodiesel untuk biodiesel murni (B100) serti pour poin 60C, flash  poin  186,50C,  density  0,875  g/ml  dan  angka  asam  0,09  mg-KOH/g  hal  ini menunjukkkan bahwa biodiesel memenuhi standar ASTM untuk bahan bakar solar. Dengan  demikian  pembuatan  biodiesel  dengan  reactor  sirkulasi  (B100)  dapat direkomendasikan sebagai bahan pengganti bahan bakar solar.

Kata kunci : Biodiesel, Crude Palm Oil, Transesterifikasi, Reaktor Batch Sirkulasi.

DOWNLOAD

 
Written by up2m
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 11 Nomor 1, JUNI 2011
Published on 05 March 2012 Hits: 1749
Print

Suratno

Dosen Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Samarinda

Jalan Dr.Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan Samarinda

Email : suratno_1963 @ yahoo.com

Abstrak

Paper ini menyajikan suatu metoda penilaian aliran daya   untuk   transaksi pada suatu  area  atau  pemakai dengan berbasis pada  aliran daya .  Metoda ini menentukan  untuk   masing -masing  transaksi  yaitu  untuk   aliran  dari  aliran daya reaktif dan daya aktif. Daya  reaktif generator akan mendukung masing-masing  area/ pelayanan , dan kerugian daya aktif  akan  mendukung  dari masing - masing  area/ pelayanan. Metoda yang diusulkan diuji secara luas pada  suatu sistem yang nyata. Hasil menunjukkan bahwa   metoda   ini   sangat   akurat dalam mengalokasikan pelayanan  transmisi  pada   suatu  basis transaksi.

Kata kunci : Aliran Daya, Daya Aktif, Daya Reaktif

DOWNLOAD

 
Written by up2m
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 11 Nomor 1, JUNI 2011
Published on 05 March 2012 Hits: 3381
Print

Irmawati Syahrir

Dosen Jurusan Teknik Kimia Polnes

Abstrak

Pembuatan biodiesel dari minyak nabati adalah salah satu alternatif yang paling memungkinkan. Namun yang menjadi permasalahan adalah   ketika minyak nabati yang digunakan   terbuat dari minyak nabati pangan. Sehingga perlu dicari sumber minyak nabati non pangan yang dapat digunakan sebagai bahan baku. Dan untuk mengetahui  sumber-sumber bahan  baku  yang  dapat  digunakan,  maka  dilakukan penelitian  tentang  pemanfaatan  biji  karet  sebagai  bahan  baku dalam  pembuatan biodiesel.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  esterifikasi  dan transesterifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu reaksi maksimum pada perolehan produk biodiesel dan mengetahui pengaruh konsentrasi katalis KOH pada perolehan produk biodiesel. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa waktu reaksi maksimum yang diperoleh pada 90 menit, dengan yield 84,244%, dengan katalis dibawah 1 %, hal ini telah sesuai dengan standar baku mutu biodiesel menurut standar SNI-04-7182-2006.

Kata kunci : Biji karet, biodiesel, esterifikasi, katalis, transesterifikasi,

 
Written by up2m
TERBITAN JURNAL» Category: VOL. 11 Nomor 1, JUNI 2011
Published on 05 March 2012 Hits: 2692
Print

Ainur Rofiq Nansur

Dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-ITS Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak

Perkembangan yang pesat pada sistem tenaga listrik baik dalam ukuran dan kompleksitasnya  membutuhkan  rele  proteksi  yang  handal  untuk  memproteksi peralatan-peralatan listrik akibat gangguan. Over Current Relay (OCR) bekerja dengan membaca input berupa besaran arus kemudian membandingankan dengan nilai setting, apabila nilai arus yang terbaca oleh rele melebihi nilai setting, maka rele akan mengirim perintah trip (lepas) kepada Pemutus Tenaga (PMT) atau Circuit Breaker (CB) setelah tunda waktu yang diterapkan pada setting. OCR dengan karakteristik inverse sangat bermanfaat untuk mengamankan overload / beban lebih, karena bekerja dengan waktu tunda yang tergantung dari besarnya arus secara terbalik (inverse time), makin besar arus makin kecil waktu tundanya. Berdasarkan standar IEC ada 4 jenis inverse, yaitu:  standard inverse (SI),  very inverse (VI),  extreme  inverse  (EI),  long  time inverse (LTI), yang dapat dipilih sesuai dengan beban yang ingi n diamankan dari gangguan. Kombinasi antara neural network kedalam sistem logika fuzzy memungkinkan untuk melakukan pembelajaran dari sekumpulan data input – output sebelumnya yang telah didapatkan. Oleh karena itu, sebuah pendekatan berdasarkan logika fuzzy dan neural network dinamakan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) digunakan untuk mengembangkan pemodelan OCR pada proyek akhir ini, untuk mendapatkan kurva karakteristik inverse OCR sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kata kunci :Over Current Relay, karakteristik inverse, ANFIS, Circuit Breaker

DOWNLOAD

 

Page 1 of 2

<< Start < Prev 1 2 Next > End >>
| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.