Written by Mekanik
TERBITAN JURNAL Category: Vol.2-No.2-Juli 2009
Published on 15 December 2016 Hits: 1074
Print

PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH)

DESA  LONG PAHANGAI  KABUPATEN KUTAI BARAT  KALTIM

Slamet  Udi, Staf  Pengajar Jurusan Teknik Mesin

Politeknik Negeri Samarinda

Abstrak

Perkembangan listrik pedesaan atau daerah terpencil yang belum terjangkau oleh jaringan listtrik PLN masih tergantung pada pemakaian mesin diesel. Minat terhadap mesin diesel telah mengalami penurunan akhir – akhir ini, karena buiaya operasional terutama harga bahan bakar yang terus meningkat  dan kekurangan – kekurangan lainnya yang tidak dapat diabaikan, misalnya : pemadaman berkala , biaya kebutuhan pemeliharaan dan kesulitan yang dialami oleh para staf  dalam melakukan pengiriman bahan bakar yang disebabkan oleh keadaan jalan desa yang belum memadai dan jarak yang cukup jauh dari tempat penyuplai.

Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ( PLTMH ) merupakan salah satu bentuk energi alternatif yang sangat mungkin untuk dikembangkan di negara – negara dengan sumber air yang tersebar luas, misalnya Indonesia. Untuk melaksanakan pembangunan PLTMH diperlukan suatu perencanaan yang matang, sehingga perlu di survey tentang potensi sungai atau air terjun di desa atau lokasi tersebut. Di daerah pedesaan umumnya terdapat saluran irigasi yang utama  berfungsi untuk mengairi sawah dan juga berpotensi untuk digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.

Studi awal perencanaan bagian – bagian PLTMH dari segi mekanikal dan kelistrikan meliputi turbin, power house, generator dari PLTMH yang direncanakan. Berdasarkan hasil pembahasan air terjun dari sungai Suan di Desa Long Pahangai, Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Kutai Barat potensi energi listrik sebesar 35,86 kW.

 

Kata kunci : PLTMH, penstock, turbin, generator, social benefit

| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.