OPTIMIZATION SEA SAND AS A FILLER ON ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE MIXTURE FOR HIGH TRAFFIC

Zainudin

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Sriwijaya

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Arfan Hasan

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Sriwijaya


INTISARI

Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap material Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) dengan menggunakan agregat kasar dari Merak, agregat halus dari Tanjung Raja dan aspal dari PT.Caltex dengan Pen. 80/100, sementara bahan filler yang akan digunakan adalah pasir laut yang berasal dari Pantai Matras terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat tepatnya berada di sebelah timur Pulau Bangka Belitung.

Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui penggunaan filler pasir laut dari Pantai Matars Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat Pulau Bangka yang paling optimum pada campuran panas jenis Asphalt Concrete-Binder Course pada perkerasan lentur (Flexible) untuk lalu lintas tinggi. Adapun variasi kadar filler pasir laut Pantai Matras yang akan dilakukan pengujian ini sebesar 6,5%; 8%; 9,5%; 11% dan 12,5%.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari pengujian Marshall didapat VMA tertinggi pada filler 6,5 % dengan nilai VMA 14,48 % dan nilai VMA terendah pada filler 12,5 % dengan nilai VMA 14,15 %. Nilai VFB tertinggi pada filler 12,5 % sebesar 87,64 % dan terendah pada filler 6,5 % sebesar 84,04 %. Nilai stabilitas tertinggi sebesar 4666kg diperoleh dari filler 12,5 %. Sedangkan nilai kadar optimum prosentase filler pasir laut adalah 11,19 % dengan nilai flow 3 mm dan nilai stabilitas 4108,46 kg.

Kata kunci: optimum, filler,  stabilitas,  flow

ABSTRACT

 

1

In this research, material of Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) using course aggregat from Merak, fine aggregat from Tanjung Raja and asphalt from PT.Caltex with Pen. 80/100, and sand from the Matras beach in Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat in a west of Bangka Belitung island as a filler, has been done. The aims of this study are to determine the optimum value of  sand from the Matras beach as a filler in Asphalt Concrete-Binder Course mixture at flexible pavement for a high traffic. Variation of the filler are 6,5%; 8%; 9,5%; 11% dan 12,5%.

The result of this study showed from Marshall test has a highest VMA at 6,5% filler with the value of VMA is 14,48 % and the lowest VMA at 12,5% filler with the value of VMA is 14,15%. The highest VFB at 12,5% filler with the value of VFB is 87,64% and the lowest VFB at 6,5% filler with the value of VFB is 84,04%. The highest value of stability is 4666 kg at 12,5% filler. From all this result, the optimum value of filler by sand from the Matras beach is 11,19% with 3 mm of flow and stability is 4108,46 kg.

Keywords : optimum, filler,  stability,  flow

 

STUDY PARAMETER AND THE EFFECT OF GALAM WOOD PILE ON SOFT SOIL

Muhammad Ridwan

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hassanuddin

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lawalenna Samang

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hassanuddin

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

M. Wihardi Tjaronge

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hassanuddin

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

M. Ramli

Jurusan Arsitektur, Universitas Hassanuddin

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


INTISARI

Pelaksanaan konstruksi diatas tanah lunak menimbulkan beberapa masalah, yaitu tanah lunak memiliki daya dukung yang lemah dan memiliki tingkat kompresibilitas yang tinggi yang mengakibatkan penurunan yang besar, baik penurunan total maupun penurunan differensial. Kayu galam (melaleuca cajupati), material yang banyak digunakan sebagai bahan pendukung pelaksanaan konstruksi struktur, banyak digunakan di Kalimantan dan Sumatera. Sisa kayu galam tentu menjadi alternatif ekonomis yang digunakan sebagai bahan pondasi untuk mengatasi permasalahan daya dukung serta penurunan pada tanah lunak.  Studi parameter kayu galam dan tanah lunak dilakukan di Laboratorium untuk mengetahui sifat teknis kayu galam dan tanah lunak. Hasil parameter kayu galam dan tanah lunak, digunakan pada analisis pengaruh penggunaan tiang kayu galam pada tanah lunak.  Analisis menggunakan metode elemen hingga, program PLAXIS. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan tiang kayu galam meningkatkan daya dukung dan mengurangi penurunan secara signifikan.

Kata kunci :daya dukung, kompresibilitas, penurunan

ABSTRACT

 

38

Construction on soft soil raises several issues. The low bearing capacity, high compressibility and the low permeability of the soft clay caused the problems both design and construction. Galam wood (melaleuca cajupati), as material which is usually used for construction support or formwork, is widely used in Kalimantan and Sumatera. Galam wood waste would be an economical alternative material for supporting a foundation for resolving the problems and a decrease in the carrying capacity on soft soil. Study parameters Galam wood and soft soil sample is carried out in laboratory to determine the engineering properties of wood Galam and soft soil sample. The results of Galam wood and soft soil parameters are used in the analysis of the effect of galam wood pile on soft soil. Analysis using finite element method, program PLAXIS. The results showed that the use of Galam wood pile increase the bearing capacity and decrease the settlement significantly.

Keywords : Bearing capacity, compressibility, settlement.

 

PERFORMANCE OF SOFT SOILS STABILIZE BY FLY ASH WITH NATURAL FIBER REINFORCEMENT AS LANDFILL COVER LAYER

Sukirman Nurdin

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lawalenna Samang

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Johannes Patanduk

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin

Tri Harianto

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin


INTISARI

Penggunaan tanah lempung sebagai lapisan penutup pada sistem landfill menjadi pilihan alternatif yang banyak digunakan dihampir seluruh sistem landfill yang ada di Indonesia maupun di dunia.  Selain biaya pengadaan yang relatif murah ketersediaannya hampir  di seluruh wilayah Indonesia. Namun alternatif lapisan penutup landfill yang handal belum banyak dibahas dan diteliti. Telah banyak penelitian eksperimental tentang perkuatan tanah menggunakan serat alami maupun serat  sintetis. Penelitian sebelumnya oleh Azadegan, et.al. menunjukkan bahwa penambahan serat pada tanah tidak memperbaiki potensi pengembangan pada tanah, dimana semakin besar prosentase serat semakin besar terjadi perubahan volume tanah, tetapi penambahan serat dapat mengurangi potensi retakan pada tanah baik secara horisontal maupun vertikal, serta meningkatkan kuat tekan, modulus elastisitas dan regangan batas.

Penelitian sebelumnya hanya mengevaluasi efek dari serat sintetis pada perilaku lempung, sehingga diperlukan penelitian mengenai cara meningkatkan kekuatan tanah lempung yang dikuti penurunan hidrolik konduktifitas pada tanah yang distabilisasi dengan serat alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang suatu lapisan penutup yang ideal pada landfill yang distabilisasi dengan fly ash dan perkuatan serat alami (Palm Oil Fiber) . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tanah lempung  yang distabilisasi fly ash dan perkuatan serat alami (Palm Oil Fiber)   menunjukkan  terjadi peningkatan  yang besar terhadap nilai kuat tekan undrained (qu) tanah dan peningkatan tingkat kepadatan  tanah.

Kata kunci:serat, fly ash,  lempung, landfill, keretakan, lapisan penutup.

ABSTRACT

 

31

The use of clay as a landfill cover system into alternative options that are widely used in almost all the existing landfill system in Indonesia and in the world. In addition the costs is relatively cheap and available in almost all parts of Indonesia. The alternative reliable landfill cover has not been much discussed and researched. Has a lot of experimental research on soil reinforcement using natural fibers and synthetic fibers. Previous research by Azadegan, et.al. showed that the addition of fiber in soil does not improve the swelling potential of soil, where the greater percentage of fiber make the greater the volume change of the soil, but fiber can reduce potential cracks in the soil either horizontally or vertically, and increasing the compressive strength, modulus of elasticity and strain limits.

Previous studies have only evaluated the effect of synthetic fibers on the behavior of clay, so that the necessary research on how to increase the strength of clay followed by a decrease in hydraulic conductivity at the soil stabilized with natural fibers. The purpose of this study is to design an ideal cover at landfills, stabilized with fly ash and natural fiber reinforcement (Palm Oil Fiber). The results of this study indicate that the performance of clays stabilized fly ash and natural fiber reinforcement (Palm Oil Fiber) showed an increase over the value undrained compressive strength (qu) of soil and increased of soil density.

Keywords : fiber, fly ash, clay, landfill, cracks, landfill cover

 

 

Page 7 of 93

<< Start < Prev 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Next > End >>

INFO TERBITAN (ACAK)

Pengantar Redaksi MEDIA PERSPEKTIF VOL. 10 Nomor 2, DESEMBER 2010

 

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya Jurnal Media Perspektif Politeknik Negeri Samarinda Volume 10 nomor 2, Desember 2010 dapat diterbitkan. Media Perspektif Polnes memuat hasil-hasil penelitian bidang Teknologi dan karya ilmiah non penelitian yang bermutu. Media Perspektif diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.

Pengunjung Aktif

We have 63 guests and no members online

| + - | RTL - LTR
KARYA ILMIAH administered by : SISTEM INFORMASI POLNES.