OPTIMIZATION SEA SAND AS A FILLER ON ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE MIXTURE FOR HIGH TRAFFIC
Zainudin
Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Sriwijaya
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Arfan Hasan
Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Sriwijaya
INTISARI
Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap material Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) dengan menggunakan agregat kasar dari Merak, agregat halus dari Tanjung Raja dan aspal dari PT.Caltex dengan Pen. 80/100, sementara bahan filler yang akan digunakan adalah pasir laut yang berasal dari Pantai Matras terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat tepatnya berada di sebelah timur Pulau Bangka Belitung.
Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui penggunaan filler pasir laut dari Pantai Matars Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat Pulau Bangka yang paling optimum pada campuran panas jenis Asphalt Concrete-Binder Course pada perkerasan lentur (Flexible) untuk lalu lintas tinggi. Adapun variasi kadar filler pasir laut Pantai Matras yang akan dilakukan pengujian ini sebesar 6,5%; 8%; 9,5%; 11% dan 12,5%.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari pengujian Marshall didapat VMA tertinggi pada filler 6,5 % dengan nilai VMA 14,48 % dan nilai VMA terendah pada filler 12,5 % dengan nilai VMA 14,15 %. Nilai VFB tertinggi pada filler 12,5 % sebesar 87,64 % dan terendah pada filler 6,5 % sebesar 84,04 %. Nilai stabilitas tertinggi sebesar 4666kg diperoleh dari filler 12,5 %. Sedangkan nilai kadar optimum prosentase filler pasir laut adalah 11,19 % dengan nilai flow 3 mm dan nilai stabilitas 4108,46 kg.
Kata kunci: optimum, filler, stabilitas, flow
ABSTRACT
|
In this research, material of Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) using course aggregat from Merak, fine aggregat from Tanjung Raja and asphalt from PT.Caltex with Pen. 80/100, and sand from the Matras beach in Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat in a west of Bangka Belitung island as a filler, has been done. The aims of this study are to determine the optimum value of sand from the Matras beach as a filler in Asphalt Concrete-Binder Course mixture at flexible pavement for a high traffic. Variation of the filler are 6,5%; 8%; 9,5%; 11% dan 12,5%.
The result of this study showed from Marshall test has a highest VMA at 6,5% filler with the value of VMA is 14,48 % and the lowest VMA at 12,5% filler with the value of VMA is 14,15%. The highest VFB at 12,5% filler with the value of VFB is 87,64% and the lowest VFB at 6,5% filler with the value of VFB is 84,04%. The highest value of stability is 4666 kg at 12,5% filler. From all this result, the optimum value of filler by sand from the Matras beach is 11,19% with 3 mm of flow and stability is 4108,46 kg.
Keywords : optimum, filler, stability, flow
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia-Nya Jurnal Media Perspektif Politeknik Negeri Samarinda Volume 11 nomor 1, Juni 2011 dapat diterbitkan. Media Perspektif Polnes memuat hasil-hasil penelitian bidang Teknologi dan Karya Ilmiah non penelitian yang bermutu. Media Perspektif diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.
We have 15 guests and no members online